Ada yang aneh soal Bezel Diver Watch ?

Kenapa Bezel Diver Watch pasti berbeda dengan Bezel Jam biasa ya ?

Mungkin temen-temen sekalian udah cukup sering memperhatikan suatu keganjilan seperti ini dimana warna bezel dari jam tangan diver, sebut saja seiko diver watch atau jam tangan diver yang lain. Biasanya Bezel diver watch sering kali di dekorasi dengan warna bezel yang berbeda dari warna dominannya. Sebagai contoh sebut saja salah satu serian seiko diver yang paing banyak beredar di pasaran yaitu Seiko SKX009.

Bukan hanya jam tangan sekelas Seiko saja yang sengaja menggunakan dekorasi ini, tetapi sampai jam tangan sekelas IWC, tepatnya IWC Aqua Timer Deep 2 juga menggunakan bezel berwarna belang ini.

Lalu, apa sih kegunaan dari warna belang ini ? atau apakah memang manufacturer jam tangan secara gak sengaja memberikan warna ini supaya ada kesan modis ? well, sebenarnya bila kita lebih menilik ke sisi fungsionalnya, bezel yang diberi warna berbeda di 15-20 menit pertama ini memiliki arti tersendiri. Bagi kita sendiri yang mempunyai Diver Watch tapi gak pernah dipake nyelam/Diving, pasti gak begitu merasakan kegunaan dari hal yang kita anggap aneh ini.

Sebenarnya, sejak jaman dahulu, para diver seringkali memanfaatkan rotating bezel, atau bezel yang bisa diputar untuk mengukur waktu untuk mandatory decompression stops. Maka dari itu, 15-20 menit pertama dibuat dengan coloured-tone yang berbeda dengan alasan untuk mencegah para diver muncul dari permukaan terlalu cepat. Sehingga setiap jangka waktu 15-20 menit mereka harus diam untuk sementara waktu, sebelum kembali naik ke permukaan. Karena bila diver profesional sekalipun muncul ke permukaan terlalu cepat, hal ini dapat menyebabkan paru-paru manusia pecah. Pada jaman sekarang, kebanyakan dari diver sudah lebih terbiasa dengan peralatan komputer yang serba canggih untuk mengukur waktu yang tepat untuk kembali ke permukaan. Tetapi bagaimanapun juga, salah satu tool yang paling handy atau mudah dipakai adalah jam tangan diver.

Lalu, kenapa sih warna yang dipakai selalu kebanyakan merah ? bukan putih atau warna lain ? Di dalam kedalaman yang sudah mencapai ratusan meter, warna-warna menjadi kelihatan serba blur atau tidak jelas, dikarenakan frekuensi gelombang cahaya yang sangat bervariasi tergantung dari kedalamannya sendiri. Dikarenakan keadaan dalam laut yang akan menyebabkan segalanya serba berwarna biru-kehijauan, warna merah akan cukup efektif. Berdasarkan data yang ada, warna merah disebut-sebut akan bertahan sampai dengan kedalaman 6,096 meter. Selain warna merah, warna yang juga efektif untuk diver watch adalah orange, dan kuning.

diving watch

Sampai sekarang ini, tradisi Diver watch menggunakan perwarnaan bezel yang unik ini masih kerap kali digunakan, dikarenakan memang proses pewarnaan ini dinilai sangat membantu bagi para diver, ciri khas coloured-bezel ini memang sudah menjadi jati diri dari semua jam tangan Diver sendiri, yang pastinya tidak boleh ketinggalan.

Jadi akhirnya, bagaimana dengan pendapat kalian semua ? cukup ngeh dengan alasan mengapa bezel Diver watch agak aneh ? atau malah ngerasa kalau fungsi bezel ini jadi useless ? anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.


 

Source and Image Courtesy :

http://www.ablogtowatch.com/ask-watch-experts/why-first-15-20-minutes-rotating-diver-bezel-colored/

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/77/18/0f/77180f3e670909212a9e161bb5975150.jpg

http://timeneeds.com/wp-content/uploads/Seiko-SKX009-4a.jpg

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/88/78/49/887849226ac0af91ef6f5b75c727c192.jpg

http://perpetuelle.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/01/IWC-Deep-One.jpg

Posted in Featured Articles, Seiko and tagged , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *