Era Kepopuleran Pasar Smart Watch Dimulai !

kors

“Michael Kors, Tissot, dan Nixon baru-baru ini ikut bergabung ke dalam pasar smart watch.”

Sejak beberapa tahun yang lalu, pasar smart watch semakin lama sekain dilirik oleh para manufaktur jam tangan. Tak terkecuali, jam tangan yang berbasis brand fashion sekalipun juga ikut mulai turun tangan ke dalam pasar yang masih dibilang serba luas dan masih berkembang. Di awal tahun 2016 sendiri, sederetan brand mulai meluncurkan beberapa produk smart watch yang dimilikinya, antara lain Michael Kors, Tissot dan Nixon.

Michael Kors sendiri, sudah mengumumkan bahwa perusahaan ini akan memproduksi 2 varian produk smart watch sendiri, yang masing-masing diperuntukkan untuk para calon konsumen pria dan wanita yang keduanya dilengkali dengan Google’s Android Wear.

SSelain itu pula, Samsung,Nixon, Fossil, Tissot, juga sudah mengeluarkan produk terbaru mereka yang semuanya mengusung jam tangan dengan konsep “connected watch” untuk menggarap pasar smart watch sendiri. Brand-brand yang ada cukup ketat berlomba-lomba untuk memulai debutnya di pasar yang baru dikarenakan semakin menurunnya penjualan jam tangan traditional”.

The Federation of the Swiss Watch Industry sendiri juga memberitakan bahwa adanya trend penurunan pendapatan penjualan jam tangan di bulan Januari 2016 sebesar 1,5 milyar Swiss Franch, atau sekitar, 21,0526316 trilliun IDR. Angka yang terbilang sangat besar ini menggambarkan adanya penurunan persentase sebesar 8% apabila dibandingkan dengan bulan Januari pada tahun 2015. Salah satu faktor yang mungkin memberikan dampak yang paling besar terhadap penurunan penjualan ini tak lain karena kondisi ekonomi global saat ini sendiri yang sedang melemah.

Baselworld

Tetapi bagaimanapun juga, menurut lembaga riset Futuresource Consulting, penjualan smart watch secara global sudah mengalahkan jumlah penjualan jam tangan “traditional , dalam hal ini yang dimaksudkan adalah penjualan swiss watches. Selain itu pula, menurut lembaga riset ini, rata-rata konsumen dan calon konsumen belum dapat dikatakan sudah siap secara 100 persen terhadap pasar smart watch. Hal ini dikarenakan, banyaknya fungsi smart watch yang mengusung unsur serba praktikal untuk menunjang gaya hidup yang modern belum dimanfaatkan secara maksimal. Tetapi, saat ini para manufaktur jam tangan terus berusaha untuk mengembangkan smart watch yang lebih tipis dan lebih nyaman digunakan. Sehingga di kemudian pasar smart watch akan semakin berkembang.

Fossil Q Wander and Q Marshal smartwatches

Sampai saat ini, cukup banyak smart watch yang menggunakan Google’s Android Wear sebagai sistem operasinya, yang dimana saat ini masih sulit digunakan apabila penggunanya ingin mengcustomise sistem fitur-fitur yang terdapat pada smart watch miliknya. Maka dari itu Michael Kors masih berfokus kepada segi design dari produk yang dimilkinya ketimbang dengan spesifikasi teknis miliknya.

Fossil sendiri sudah mengeluarkan 2 jenis varian produk smart watch miliknya, yaitu Q wander dan yang paling baru adalah Q marshal, yang disebut-sebut lebih tipis dari pada Q wander.

Nixon Mission

Selain itu pula, inovasi smart watch yang unik datang dari manufaktur jam tangan yang berasal dari California, yaitu Nixon. The mission adalah produk smart watch yang memiliki kelebihan serba water resistant up to 100m dan masih dapat digunakan dan berfungsi di kedalaman air, meskipun menggunakan fitur voice command. Dengan adanya produk smart watch yang unik ini, Nixon berusaha menargetkan pasar kepada anak-anak muda yang gemar surfing atau kegiatan olahraga air yang membutuhkan smart watch tangguh.

Tissot Smart-Touch

Lain halnya dengan Tissot. Manufaktur jam tangan terbesar ini, mengedepankan fitur Smart-Touch yang dimilikinya. Di mana fitur ini memungkinkan, smart watch untuk selalu terkoneksi dengan smart phone milik penggunanya melalui bluetooth, sehinga dapat selalu memberikan navigasi saat dibutuhkan. Selain itu pula dengan adanya fitur ini, smart watch yang dimiliki Tissot dapat mengatur perubahan waktu berdasarkan time zone dari daerah setempat.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Tissot adalah fitur solar panel, yang berfungsi untuk menambah daya baterai sehingga smart watch Tissot dapat bertahan lebih lama. Francois Thiebaud, Chief Executive dari Tissot mengatakan bahwa, Swatch Group (Tissot) adalah satu-satunya watchmaker asal swiss yang dapat memproduksi smart watch secara independen.

Gear 2 by de Grisogono

Samsung sendiri, bekerja sama dengan de Grisogono, brand yang identik dengan perhiasan yang serba mahal dan mewah. Produk ini yang bernama Gear-2 mempunyai sistem operasi Samsung yaitu Tizen yang juga dilengkapi dengan100 butir berlian hitam dan putih sebagai dekorasi eksteriornya.

Tag Heuer Connected

Tag Heuer sendiri,sudah menjual sebanyak 20.000 unit produk smart watch yang dimilikinya. Jean-Claude Biver dari pihak Tag Heuer, menargetkan bahwa salah satu manufaktur jam tangan swiss terbaik itu akan menargetkan menjual setidaknya 60.000 unit smart watch di tahun 2016 ini.

Baselworld

Secara garis besar, pasar smart watch diprediksi menjadi semakin hangat dikarenakan banyak manufaktur jam tangan yang akan mulai berkecimpung di segment pasar yang masih terbilang baru ini.

In the end, bagaimana menurut kalian guys? mulai ingin beralih ke segment smart watch ? Anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.


Source and Image Courtesy:

http://www.bbc.com/news/technology-35834786

http://www.fhs.ch/file/59/comm_160101_a.pdf

Posted in Featured Articles and tagged , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *