MCT Sequential One 110 Evo Vantablack

” Ini dia jam tangan paling hitam yang pernah dibuat manusia “

MCT Sequential One 110 Evo Vantablack adalah jam tangan “paling hitam” yang pernah dibuat oleh manusia. Salah satu inovasi utama yang ditawarkan oleh serian MCT Sequential One 110 Evo adalah penerapan material Carbon Nanotube Coating atau Vantablack. Lapisan coating ini dikembangkan pertama kali oleh Surrey Nanosystems yang bertempat di Britania Raya pada tahun 2014. Secara sederhana Carbon Nanotube Coating ini mempunyai ketipisan yang sangat fantastis yaitu 1/1.000.000 mm. Sehingga kepadatan dari Vantablack sendiri jauh lebih padat dari material yang lain yang memungkinkan material ini menyerap 99,965% dari cahaya yang ada di ruangan. Secara sederhana, Vantablack terlihat “menelan” dimensi 2d yang ada.

MCT Sequential One 110 Evo Vantablack sendiri dirancang oleh manufaktur jam tangan High End yaitu MCT dengan seniman Anish Kapoor. Salah satu kontroversi jam tangan ini saat pertama dipublikasikan di awal 2017 adalah hak patent dari penggunaan material vantablack terhadap accessories termasuk jam tangan. Sehingga, sampai saat ini yang dapat menggunakan material ini secara legal hanyalah Anish Kapoor seorang saja.

Serian MCT Sequential One 101 Evo yang dilengkapi dengan lapisan vantablack mempunyai tampilan “melayang”. Di mana, seperti jam tangan dengan movement automatic yang complicated, bagian sudut dari movement MCT Sequential One 101 Evo seakan-akan menghilang. Padahal, ketika dilihat dari case belakang, movement automatic yang digunakan terlihat penuh menutupi sisi dari semua jam tangan. Lapisan coating dari vantablack inilah yang diaplikasikan menjadi inovasi utama serian MCT Sequential One 110 Evo Vantablack.

vantablack_03

Masuk ke dalam interiornya, dial dari second hands atau jarum penunjuk jam menggunakan model yang menyerupai plat score. Secara keseluruhan, untuk penunjuk angka menitnya, Sequential One menggunakan panel berbentuk lingkaran.

vantablack_05

vantablack_02

Untuk movementnya sendiri, jam tangan ini menggunakan MCT-S1.0 movement yang merupakan rancangan dari MCT sendiri. Dengan total komponent mencapai 471 bagian yang terdiri dari 81 jewel. MCT Sequential One 110 Evo Vantablack mempunyai daya tahan mencapai 50 jam. Terdapat juga tanda tangan dari Anish Kapoor di bagian belakang dari MCT-S1.0.

MCT-S110EVO-Vantabloack-Back

MCT Sequential One 110 Evo Vantablack termasuk jam tangan dengan dimensi yang besar, yaitu 45mm untuk diameternya dan ketebalan 15,5mm. Meskipun bahan DLC titanium yang digunakan untuk case luarnya, dengan dimensi 45mm jam tangan ini masih terasa besar. MCT Sequential One 110 Evo Vantablack menjadi jam tangan yang “melawan” arus model jam tangan mewah lainnya. Sebagai contoh, AP dan Hublot yang menawarkan serian limited edition serba “skeleton” yang menampilkan konsep jam tangan serba transparan dan jernih. MCT Sequential One 110 Evo Vantablack justru menjadi model jam tangan yang sangat hitam-kelam.

vantablack_01

Untuk harganya sendiri MCT Sequential One 110 Evo Vantablack berkisar di angka $95,000 atau sekitar 1,3M IDR. So, bagaimana menurut kalian guys dengan inovasi yang dilahirkan oleh Anish Kapoor dan MCT ? Anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.


Source and Image Courtesy :

http://www.wealthinsider.io/bin/news/extra/82/682_image_2.jpg

http://www.mctwatches.com/collection/S110%20EVO%20Vantablack

https://www.hodinkee.com/articles/mct-vantablack-hands-on

Posted in Uncategorized and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *