Memilih Jam Tangan Olahraga yang Baik

running-watch

“ini dia tips yang patut diperhitungkan sebelum membeli jam tangan olahraga”

Apabila anda terbiasa memakai jam tangan, anda mungkin merasa aneh apabila tidak memakai jam tangan saat berolahraga. Salah satu olahraga yang sekarang ini sangat digemari dan menjadi trend beberapa akhir tahun ini tak lain adalah running atau marathon. Selain mudah untuk dilakukan, olahraga yang satu ini juga sudah menjadi life style bagi sebagian kalangan tertentu. Lalu, jam tangan apa yang cocok untuk digunakan kegiatan olahraga khususnya running itu sendiri?

Sebenarnya, salah satu kepentingan utama untuk memiliki jam tangan khusus untuk olahraga adalah untuk menjaga jam tangan casual yang dipakai sehari-hari. Hal ini dikarenakan tak lain, pastinya jam tangan olahraga akan lebih sering terkena keringat dan kegiatan outdoor lainnnya. Adapun, berikut beberapa hal singkat yang baiknya dipethitungkan sebelum kalian membeli jam tangan olahraga. Sebagai contoh, kali ini kami membahas mengenai jam tangan olahraga untuk kegiatan berlari atau running.

Tipe Runner Apakah Anda ?

runner 2.png

Apakah anda tipe runner “occasional”, atau runner yang memang secara berkala selalu mengikuti perlombaan atau kegiatan running lainnya ? Karena tipe runner pasti akan menentukan tipe jam tangan yang kalian butuhkan sendiri. Sebagai contoh, untuk seorang runner profesionnal, pastinya jam tangan yang dibutuhkan harus memiliki fitur yang komplit. Mulai dari fitur tracking waktu/ lap time, sampai kepada fitur GPS-built in, akan sangat berguna bagi runner profesional. Tapi, untuk runner biasa, sudah tentu fitur-fitur kompleks seperti ini tidak akan terpakai secara maksimal.

Apa tujuan anda berlari ?

Sebelum membeli jam tangan running yang harganya cukup tinggi, ada baiknya mempetimbangkan untuk ke depannya. Apakah anda memang bertujuan untuk menggunakan jam tangan running untuk berlatih setiap harinya selama bertahun-tahun ke depan, atau hanya ingin icip-icp kegiatan running ? Apabila kalian memang bertujuan untuk menjadikan running sebagai kegiatan yang serius, ada baiknya kalian langsung mengambil jam tangan dengan fitur yang lengkap karena biasanya garansinya juga lebih jauh.

Lalu, apa contoh jam tangan running yang paling direkomendasikan? Berikut, ada beberapa pilihan jam tangan running yang mungkin masih cukup asing untuk di daerah Indonesia sendiri.

Jam Tangan Olahraga dibawah $100

Garmin Forerunner 10

Garmin Forerunner 10

Sudah lazim, apabila jam tangan dengan harga yang lebih murah, tidak mempunyai fitur-fitur yang selengkap dengan jam tangan dengan harga yang jauh lebih tinggi. Tapi setidakya, untuk jam tangan Garmin Forerunner 10, memiliki keunggulan tersendiri. Dengan harga dibawah 100USD, atau kira-kira sekitar 1 juta rupiah, Garmin Forerunner 10 sudah mempunyai fitur-fitur canggih, seperti tracking time, distance, pace, speed, calori bahkan sampai fitur built-in GPS. Selain itu pula Garmin Forerunner 10 dapat menyimpan catatan waktu, atau personal records tertentu sehingga memudahkan anda untuk mengetahui perkembangan performa anda.

Jam Tangan Olahraga dibawah $250

TomTom Spark 3

TomTom Spark 3

Masuk ke dalam kategori yang lebih tinggi lagi, dengan harga sekitar 250 USD, biasaya jam tangan running memiliki fitur yang lebih kompleks lagi. Seperti, accelerometer, multi sport tracking, heart rate monitoring, sampai kepada training program yang dapat didowloand ke dalam jam tangan layaknya smart watch pada umumnya.

Salah satu contoh jam tangan yang sangat direkommend dengan range harga seperti ini adalah TomTom Spark 3. Jam tangan TomTom Spark 3 ini mempunyai fitur buil-in heart rate monitoring, training indoor mode, interval training, multi sport tracking, slep tracking sampai kepada fitur music play back dengan storag ekurang lebih 500 lagu.

 

Jam Tangan Olahraga $300+

Suunto Spartan

Apabil harga jam tangn running dengan kisaran harga 250 USD masih belum cukup untuk anda, ada baiknya untuk mencoba jam tangan dengan fitur yang lebih canggih lagi. Dengan harga kisaran 300 USD, jam tangan running sudah diperlengkapi dengan tracking time pada umumnya, ditambah dengan vertical oscillation tracking dan yang paling unik adalah V02 yang dapat digunakan untuk mengukur konsumsi oksigen yang digunkan.

Salah satu jam tangan dengan kisaran harga yang cukup tinggi ini adalah, Suunto Spartan . Keluaran Suunto sendiri juga sudah dikenal dengan model jam tangan yang sangat rekommended untuk kegiatan outdoor, seperti mendaki, diving, dan sebagainya. Kali ini varian Spartan dibuat dengan fitur kelengkapan seperti GPS-Navigation, altimater, compass, long term progress analysis yang dapat digunakan untuk keperluan perlombaan running pada umumnya.

Smartwatches

Apple Watch 2

Salah satu kasta yang paling tinggi dari jam tangan runner tak lain adalah smart watch sendiri. Seiring dengan berjalannnya waktu makin banak smart watch keluaran manufaktur HP/Komputer yang juga merambah ke dalam pasar jam tangan yang masih luas ini. Tak lain, salah satu smart watch paling populer sekaligus paling mahal adalah The Apple Watch 2. Dilengkapi dengan fitur monitong/tracking lap time seperti biasa, smart watch yang satu ini juga diperlengkapi dengan coaching plans yang bisa didownload secara langsung. The Apple Watch 2 sendiri dtidak dapat dipungkiri paling banyak memiliki keunggulan dan fitur yang kompleks.

Jadi, itulah sedikit bahasan mengenai jam tangan yang cocok digunakan untuk kegiatan running. Bagaimana menurut kalian guys ?  Mulai tertarik untuk icip-icip serius dengan kegiatan olahraga seperti running ? Anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.

 


Source and Image Courtesy :

http://www.ebay.com/gds/what-to-look-for-in-a-running-watch/5847114ea5ab1d07881ba68f/g.html

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *