Mineral Glass Vs Sapphire Crystal

“Mana yang lebih baik ? Mineral atau Sapphire ?”

Sampai sekarang, 2 jenis kaca yang paling banyak digunakan di industri jam tangan terdiri dari 2 jenis, yaitu Mineral Glass, dan Sapphire Crystal. Secara fisik, sekilas tidak banyak perbedaan yang terlihat, tetapi nasing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahannya, berikut pembahasannya :

mineral glass

Mineral Glass

Jenis kaca ini adalah jenis kaca yang sejak dulu sudah digunakan dan dapat dibilang paling banyak beredar di pasaran. Pertama-tama, dari segi harga, kaca mineral terbilang lebih murah dibandingkan dengan Sapphire Crystal. Kelebihan dari kaca mineral sendiri, jenis kaca ini dapat bertahan lebih baik saat terkena benturan, sehingga kaca mineral tidak mudah pecah saat jatuh. Tapi bagaimanapun juga, Kaca Mineral malah lebih rentan terhadap goresan, termasuk goresan-goresan halus yang seringkali terjadi secara tidak sengaja.

sapphire crystal

Sapphire crystal

Sekarang ini, jenis Sapphire Crystal mulai banyak digunakan dan menggantikan kepopuleran jenis kaca mineral, khususnya di sektor jam tangan dengan harga kira-kira diatas 1juta Rupiah. Sapphire Crystal masih terbilang lebih mahal, apabila dibandingkan dengan Mineral Glass, karena proses pembuatannya yang lebih rumit dan penggunaan teknologinya yang sudah lebih advance. Dari segi kelebihannya sendiri, Kaca Sapphire mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi dari kaca mineral, yaitu di skala 9 dengan skala kekerasan (Moh). Sehingga, jam tangan yang menggunakan kaca sapphire selalu terlihat awet dan baru karena hampir tidak adanya goresan-goresan halus meskipun sudah digunakan cukup lama, sangat kontras dengan kaca mineral. On the contrary, karena tingkat skala kekerasannya yang cukup tinggi, jenis kaca Sapphire malah lebih mudah retak saat terbentur atau terjatuh. Hal inilah yang menyebabkan para produsen smartphone juga jarang menggunakan jenis kaca sapphire meskipun kaca ini seringkali terlihat lebih mewah dan bersih.

Kesimpulan

Bagaimanapun juga, perbedaan-perbedaan ini dapat bervariasi, dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari jenis masing-masing kacanya. Seperti tingkat ketebalan kacanya sendiri, jenis permukaan dari kacanya, apakah cembung atau flat. Berita baiknya, kita tidak perlu terlalu bingung mengenai pilihan kaca antara Mineral Glass atau Sapphire Glass. Dikarenakan dengan adanya perkembangan teknologi, masing-masing jenis kaca sudah disempurnakan sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

In the end, bagaimana menurut kalian guys? sudah mengerti tentang perbedaan kaca mineral dan kristal sapphire? Anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.


Source and Image Courtesy:

http://cdn.shopify.com/s/files/1/0440/7789/products/pam37_b64a1d93-4014-4ec8-b38d-ba0706e6ac6a_grande.JPG?v=1399686279

http://cdn.shopify.com/s/files/1/0440/7789/products/pam37_b64a1d93-4014-4ec8-b38d-ba0706e6ac6a_grande.JPG?v=1399686279

http://www.twcowatches.com/assets/sapphire_versus_mineral_crystal_in_your_watch.pdf

http://forums.watchuseek.com/f21/mineral-glass-vs-sapphire-crystal-89921.html

http://forums.watchuseek.com/f21/mineral-glass-vs-sapphire-crystal-89921.html

Posted in Featured Articles and tagged , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *