Review: Jam Tangan Speatak 9018G

Speatak 9018G

Jam Tangan Speatak 9018G

Jam Tangan Speatak 9018G

“Let the Chinese kingdom come”

Spesifikasi:

  • Analog
  • Water Resistant
  • Date Display
  • Stopwatch
  • Stainless Steel Bracelet
  • Diameter: 42 mm
  • Ketebalan: 12 mm
  • Mesin: Miyota Movement
  • Bahan: Aluminium stainless steel

Kali ini, Hungry Watch akan membedah habis sebuah jam tangan made in China untuk kesekian kalinya. Mungkin merk Speatak masih terdengar asing di telinga para watch geek semua, karena jam tangan ini bisa dibilang masih dalam tahap perkembangan dan untuk saat ini masih belum bisa mengimbangi jam tangan merk lain di kelasnya, seperti Q&Q.

Jam tangan Speatak jarang beredar di toko-toko online. Bila watch geek ingin mencicipi seri Speatak ini, satu-satunya website yang menjual jam tangan ini adalah Deal ExtremeWebsite itu sendiri merupakan toko online setara Lazada atau Zalora yang berbasis di Hong Kong. Harga jam tangan Speatak seri 9018G yang dijual di Deal Extreme sangat murah, karena memang jam tangan ini masuk ke segmen menengah ke bawah, yaitu 20 hingga 25 USD.

Hungry Watch mendapatkan jam tangan satu ini sewaktu berlibur ke negeri kanguru, tepatnya di kota Sydney bagian pusat kota di mana terdapat Paddy’s Market. Saran dari Hungry Watch adalah lebih baik membeli jam tangan ini secara online karena harga yang dipatok di toko kelontongan ala Sydney ini di atas harga pasaran rata-rata dan penjual di sana cukup susah untuk diajak kompromi soal harga.


Specs Review


Kaca

Kaca yang digunakan di 9018G ini masih merupakan mineral glass biasa, yang berarti tidak sebagus sapphire glass.

Movement

Movement yang digunakan sekali lagi adalah veri Miyota, yang cukup baik untuk jam tangan kelas menengah ke bawah.

Strap

Jam tangan Speatak ini menggunakan bracelet yang terbuat dari stainless steel. Model pen yang digunakan masih bisa dibilang model lama, karena pen digunakan merupakan jenis yang dipukul, bukan per. Hal tersebut cukup merepotkan, karena apabila kita ingin mengganti strap, maka kita juga harus mengganti pennya juga.

Alangkah sayangnya, ternyata variasi pelat stainless steel berwarna silver ini justru membuat jam tangan ini kurang cocok untuk diganti dengan strap apapun. Satu-satunya cara adalah memotong strap baru itu secara manual dengan bentuk yang sesuai, bila para watch geek  tetap ingin memodifikasi jam tangan tersebut.

Inside 9018G

Inside 9018G

 


Kelebihan

  • Di kelas menengah ke bawah, jam tangan ini sudah bisa membuat desain sendiri, tanpa mengambil adaptasi dari produk-produk ternama, seperti Q&Q dan lain-lain.
  • Variasi desain yang cukup unik berupa lempengan besi yang mengikuti alur dari tachymeter sangatlah jarang ditemui. Hal tersebut merupakan nilai lebih dari produk ini.
  • Dua plat besi kecil berwarna silver memberi kekokohan saat dipakai, karena besi tersebut menahan agar jam tetap berbentuk bundar di pergelangan tangan.

Kekurangan

Bagaimana pun juga, jam tangan ini masih bisa digolongkan ke dalam versi cheap knock-off.

  • Material stainless steel yang kurang murni, ditandai dengan aroma karat yang aneh saat jam sudah digunakan cukup lama.
  • Bagian chrono tidak berjalan, karena mesin yang digunakan hanyalah seri Miyota jam dan tanggal, tidak dengan tambahan stopwatch.

Summary


Speatak seri 9018G sendiri bukanlah salah satu keluaran Speatak yang paling baru, tetapi menurut Hungry Watch, pemanufakter produk jam tangan Cina sekarang sudah bisa dibilang cukup baik dalam mendesain jam tangan sendiri. Dengan kata lain, tidak sekedar meniru produk jam tangan yang laris di pasaran  dan membuat tiruannya dengan materi yang lebih murah.

 

Speatak 9018G

Speatak 9018G

Skor

Posted in Review Jam Tangan, Speatak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *