Review: Jam Tangan Swiss Army HC-72621

Swiss Army HC-72621

Jam Tangan Swiss Army HC-72621

Jam Tangan Swiss Army HC-72621

“Jam tangan Swiss Army bergaya militer yang juga cocok dipakai di suasana casual

Spesifikasi:

  • Analog
  • Water resistant
  • Date Display
  • Canvas Strap
  • Diameter: 35 mm
  • Ketebalan: 11 mm
  • Mesin: Miyota Movement (quartz)
  • Bahan: Brushed Stainless Steel
  • Tanggal dalam 3 bahasa: Indonesia, Inggris, Spanyol

Pada kali ini, Hungry Watch berkesempatan untuk icip-icip jam tangan dengan taste militer. Untuk para watch geek yang suka dengan jam tangan berdiameter kecil dan fungsional, Swiss Army menawarkan pilihan yang cukup menggoda. Dilengkapi dengan tachymeter yang bisa diputar, dan tambahan strap kanvas dari Luminox Watch, jam tangan ini merupakan salah satu keluaran Swiss Army yang dinilai Hungry Watch paling fungsional. Selain itu, harganya juga sangat bersahabat, yaitu antara 250.000 sampai 330.000 Rupiah.

Swiss Army HC-72621 ini merupakan jam tangan yang mengadaptasi mesin asli buatan Jepang, yaitu Miyota. Jam tangan ini kemudian dirakit di Cina sehingga harga jam tangan ini terbilang cukup murah, mengingat bahwa brand mesin Miyota adalah suatu jaminan yang cukup terpercaya di bidang jam tangan quartz.

Strap dari jam tangan Swiss Army ini terbuat dari bahan kanvas yang cukup kuat, tetapi tidak bisa disangkal kelemahan dari produk kanvas adalah umurnya yang tidak bisa bertahan lama­ seperti yang dimiliki oleh strap kulit. Tetapi Swiss Army bisa mengakalinya dengan memberikan 1 external strap tambahan, yaitu Luminox strap dengan tipe seperti yang dimiliki oleh Nato/Zulu strap.

Tampak Depan & Tampak Belakang

Tampak Depan & Tampak Belakang

Mungkin terdapat suatu keambiguan di pasar tentang brand dari Swiss Army. Sejauh informasi yang didapat oleh Hungry Watch, terdapat dua tipe jenis barang dari manufaktur jam tangan yang memakai brand Swiss Army, yaitu jam tangan yang benar-benar menggunakan movement dari Swiss (contoh: Victorinox Swiss Army) dan Swiss Army DHC ++ yang dirakit di Cina dan menggunakan mesin Miyota. Berdasarkan analisis Hungry Watch, Swiss Army tipe HC-72621 ini merupakan jenis dari manufaktur Swiss Army DHC++.

Cara paling mudah untuk membedakan mana jam tangan Swiss Army yang berasal asli dari Swiss atau Cina adalah harganya dan jenis movement dari jam tangan itu sendiri. Saat ini, barang keluaran Swiss sudah hampir semuanya menggunakan jenis automatic movement, bukan quartz  (baterai), sedangkan produk jam tangan Swiss Army yang berasal dari Cina yang salah satunya menggunakan mesin adaptasi Jepang, Miyota, menggunakan sistem mesin quartz (baterai).

Mesin Miyota dalam Swiss Army HC-72621

Mesin Miyota dalam Swiss Army HC-72621


Question: Apakah Jam Tangan Swiss Army HC-72621 Memenuhi Standar Sebagai Jam Tangan Militer


 

Pertanyaan ini mungkin adalah pertanyaan yang ditunggu-tunggu oleh para watch geek. Apakah Swiss Army HC-72621 ini merupakan jam tangan militer asli, atau hanya jam tangan dengan taste militer abal-abal?

Setelah melakukan penelitian yang cukup mendalam, dalam dunia militer, para tentara yang bertugas di lapangan diperbolehkan untuk memilih jam tangan yang akan digunakannya sendiri. Sebenarnya tidak ada sumber yang bisa memberikan jaminan apakah jam tangan yang dipilih harus memiliki spesifikasi khusus atau tidak, karena informasi yang beredar sangatlah subjektif, tergantung dari peraturan yang ada di masing-masing lapangan.

Hungry Watch memutuskan untuk mengambil data dari kemiliteran Amerika Serikat yang bisa diunduh secara bebas di internet, dengan pertimbangan bahwa data mengenai spesifikasi jam tangan militer tersebut sudah beredar cukup lama dan bisa dipertanggungjawabkan. Dokumen yang berasal dari militer USA berisikan secara mendetail spesifikasi yang harus dimiliki oleh jam tangan militer, seperti ketepatan movement, inspection condition,dll. Kali ini Hungry Watch akan memfokuskan kepada beberapa aspek yang mudah diteliti di jam tangan Swiss Army satu ini dengan mata telanjang tanpa harus menggunakan peralatan khusus.

PERFORMANCE SPECIFICATIONPERFORMANCE SPECIFICATION 2

“Around the ring there shall be 12 hour marks equally spaced around the dial.  Except for the number 12, all the marks shall be numerals starting with 1 and progressing clockwise to 11”

Sebagai contoh di point 3.4.4, Swiss Army cukup kompeten dimana terbukti angka 1-11 dicetak dengan baik tetapi untuk angka 12 digantikan dengan mark yang berbeda.

PERFORMANCE SPECIFICATION 3

Selanjutnya, kita meloncat ke poin 3.4, “Manufacturer symbols or identification shall not appear on the dial.” Kali ini, sudah jelas Swiss Army melanggar point 3.4, di mana dengan jelas tertera bahwa simbol logo Swiss Army tidak boleh ditempatkan pada bagian muka dial jam tangan tersebut.

PERFORMANCE SPECIFICATION 4Untuk ketangguhan lapisan fosfornya, seri HC-72621 ini sudah jelas diragukan, karena hand dialnya yang tidak bisa diandalkan. Menurut Hungry Watch sendiri, manufaktur jam ini melakukan suatu blunder di mana mereka menempatkan lapisan fosfor di bagian mark angka 1-11 dengan sangat baik, tetapi tidak memperhatikan fosfor di bagian kedua hand dial nya. Hal ini merupakan hal yang tidak berguna karena jam tangan menjadi tidak terbaca di keadaan gelap.


Summary


Box Jam Tangan Swiss Army HC-72621

Box Jam Tangan Swiss Army HC-72621

Kelebihan

  • Harga murah
  • Kualitas bahan brushed stainless steel yang hampir menyerupai titanium
  • Variasi tachymeter yang bisa diputar
  • Berat jam tangan yang pas (tidak terlalu berat, tidak terlalu ringan)
  • Hari dan tanggal tersedia dalam tiga bahasa

 Kelemahan

  • Fosfor hand-dial terlalu tipis, sangat tidak efektif di kondisi gelap

Secara keseluruhan, Swiss Army berhasil memproduksi jam tangan dengan spesifikasi yang menyerupai jam tangan versi militer. Kesalahan Swiss Army dalam keluaran yang satu ini adalah fosfor hand-dial yang terlalu tipis, padahal hal tersebut seharusnya tidak memakan terlalu banyak biaya.

Skor

 

Posted in Review Jam Tangan, Swiss Army.

3 Comments

  1. Pingback: 3 Hal Fatal yang Sering Dilupakan Saat Membeli Jam Tangan - Hungry Watch

  2. Pingback: Nato Watch : Satu Lagi Jam Tangan Militer Asal USA - Hungry Watch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *