Victorinox I.N.O.X Paracord

“Inovasi Terbaru Seputar Jam Tangan Berbau Militer”

Saat masa perang dunia ke dua berkecamuk, Wallace Carothers, berhasil merancang sebuah bahan pakaian yang disebut dengan julukan synthetic silk, yaitu sebuah campuran polyamide yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan bahan Nylon. Bahan yang dikenal tebal dan kuat ini secara cepat menjadi andalan di berbagai bidang profesi, khususnya untuk keperluan militer pada saat itu. Paratroopers atau pasukan terjun payung pada saat itu seringkali mengalami kesusahan untuk mendapatkan bahan baku parasut yang digunakan dalam medan perang, karena parasut pada jaman itu masih dibuat dengan menggunakan bahan sutra, yang pastinya datang dari ulat sutra. Dengan adanya kemunculan Nylon, parasut dan kelengkapannya termasuk tali dari parasut sendiri dengan mudah dapat segera di produksi secara massal .

Fort Benning Paratrooper training official photographs taken by R.L. Throckmorton

Pasukan terjun payung sendiri, sudah pasti dikenal dengan pasukan yang berani mati. Diterjunkan langsung di belakang garis pertahanan musuh, pasukan khusus ini memerlukan perlengkapan berupa parasut dan talinya yang sudah pasti harus seefesien mungkin, dan seringan mungkin untuk mempermudah pekerjaan mereka.

bracelet

Selanjutnya, bahan tali parasut sendiri yang sama digunakan di dunia militer, yaitu Naimakka Paracord bracelets juga digunakan pada konsep jam tangan terbaru keluaran Victorinox I.N.O.X. Nama Naimakka sendiri diambil dari nama desa di daerah Swedia. Bahan paracord yang digunakan dalam strap jam tangan Victorinox ini disebut-sebut dapat menahan beban sampai 250 kg.

Victorinox INOX Paracord

Berikut, spesifikasi lengkap dari Swiss Army Victorinox I.N.O.X sendiri

  • Swiss Made
  • Ø 43 mm Stainless steel case (316L)
  • Quartz movement Ronda 715
  • Water-resistant to 200 m (20 ATM, 660 ft)
  • Temperature and shock resistant
  • Protected screw-down crown
  • Green dial
  • Delivered with an exclusive protective bumper
  • Special survival Naimakka paracord strap

Dengan spesifikasi yang serba tinggi dan durable ini, dimana besi yang digunakan sudah grade 316L seperti yang digunakan oleh Rolex, movement yang digunakan adalah Ronda, ditambah dengan water resistant yang mencapai 20 ATM, tidak heran apabila Swiss Army mematok harga jam tangan ini di kisaran 390 USD.

Menurut kami sendiri, salah satu keluaran jam tangan terbaru dari swiss army yaitu Victorinox yang memang sedari dulu sangat gemar mengusung jam tangan yang serba militer cukup bisa dibilang memberikan suatu inovasi yang signifikan. Ditambah dengan cerita atau ciri khas yang diusung dari pasukan terjun payung yang nota bene memang sangat berkaitan kental dengan ciri militer dari Victorinox sendiri, menurut kami lini produk yang satu ini tidak dapat dibilang sebagai hanya another military knock off watches.

In the end, bagaimana menurut kalian ? Mau mulai coba icip-icip jam tangan militer ala swiss made ? Anyway, as always, keep hungry to watch hungry watch.


Source and Image Courtesy :

http://schwarzschild.com/blog/UserFiles/image/24_%20Swiss%20Army(3).png

http://www.victorinoxwatches.com/en/inox-experience/

http://www.watchuseek.com/victorinox-i-n-o-x-paracord/

Posted in Featured Articles, Review Jam Tangan, Swiss Army and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *